Kamis, 20 Agustus 2009

SEJARAH SINGKAT PIA 'MATAHARI TERBIT'


Perumahan Ibu dan Anak (PIA) 'Matahari Terbit' adalah salah satu bagian dari Pelayanan yang dilakukan Bala Keselamatan di Indonesia. Secara Organisasi berada dibawah Sekretaris Sosial Kantor Pusat Bala Keselamatan yang berkedudukan di Bandung.

Sesudah Perang Dunia II, ternyata di Surabaya banyak gadis - gadis remaja yang jatuh dalam pergaulan bebas lalu hamil sebelum menikah dan melahirkan anak tanpa diketahui dimana Ayah dari anak yang dilahirkan. Dalam kondisi seperti ini banyak gadis - gadis yang mengalami stress berat, depresi dan kehilangan tujuan hidupnya. Melihat hal tersebut Bala Keselamatan terpanggul untuk menolong Ibu dan khususnya anak - anak yang tidak berdosa ini agar mampu memasuki dan menatap hari depan mereka.

Akhirnya diputuskan untuk membuka cabang Pelayanan baru di Indonesia yang berkedudukan di Surabaya yang disebut Perumahan Ibu dan Anak disingkat PIA dan diberi nama 'Matahari Terbit'. Dengan nama ini, diharapkan Ibu - Ibu yang sedang sedih, bingung, kecewa bahkan tidak jarang mengalami goncangan jiwa karena dalam posisi yang sulit dan melihat masa depan yang suram, maka setelah dirawat di PIA ini mereka dapat menemukan kembali nilai hidup yang sebenarnya dan mampu menatap masa depan yang cerah. Hal yang sama juga bagi anak - anak yang dititipkan dan dirawat di PIA ini, mereja juga akan mendapatkan perawatan dan pendidikan yang baik sehingga diharapkan kelak dapat menapaki hari depan dengan baik sehingga mereka tetap dapat berguna bagi negara tercinta ini.

PIA ini pertama kali didirikan pada 20 Juli 1948, dan mengambil tempat di Jl. Embong Tanjung tak lama satu bulan kemudian pindah ke Jl. Genteng Kali Surabaya. Setelah 3,5 tahun berjalan, ternyata yang sudah mendapat pertolongan tercatat 124 orang. Melihat keadaan tersebut, dirasa perlu mencari tempat yang lebih memadai.

Akhirnya Pelayanan ini berpindah tempat di Jl. Cendana (Sekarang Jl. Kombes Pol. M. Duryat No. 10 - 12 Surabaya). Tepat pada tanggal 15 Maret 1951 PIA 'Matahari Terbit' dibuka secara resmi yang dihadiri oleh Pejabat Tinggi Jawa Timur dan Kotamadya Surabaya.

PIA 'Matahari Terbit' salah satu Yayasan yang ditunjuk oleh Pemerintah (Departemen Sosial RI untuk proses Pengangkatan Anak / Adopsi di Luar Negeri dan Dinas Sosial Propinsi proses Pengangkatan Anak / Adopsi di Dalam Negeri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar